... 35 Soal Cerita Matematika untuk Anak Sd Kelas 1 - moira

35 Soal Cerita Matematika untuk Anak Sd Kelas 1

Kumpulan 35 soal cerita matematika ini mencakup operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang disusun khusus untuk anak SD kelas 1

 

35 Soal Cerita Matematika untuk Anak Sd Kelas 1

Moira - Belajar matematika melalui soal cerita dapat melatih kemampuan berpikir dan logika anak sejak dini. Kumpulan 35 soal cerita matematika ini mencakup operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang disusun khusus untuk anak SD kelas 1 agar sesuai dengan tingkat pemahaman dan pengetahuan mereka. Soal cerita yang menggunakan situasi sehari-hari memudahkan anak menangkap konteks permasalahan matematika.

1. Ayah membeli 5 kelereng untuk Adi dan 3 kelereng untuk Budi. Berapa total kelereng yang dibeli Ayah?

   a. 6  

   b. 7  

   c. 8  

   d. 9  

   Jawaban: c. 8

2. Ani memiliki 4 boneka. Kemudian, temannya memberikan 2 boneka lagi. Berapa total boneka Ani sekarang?

   a. 4  

   b. 5  

   c. 6  

   d. 7  

   Jawaban: c. 6

3. Pak Amir mempunyai 6 buah apel di keranjangnya. Tiba-tiba, dia menemukan 1 apel lagi di kebunnya. Berapa total apel yang dimiliki Pak Amir sekarang?

   a. 5  

   b. 6  

   c. 7  

   d. 8  

   Jawaban: c. 7

4. Di dalam kotak ada 3 pensil merah dan 4 pensil biru. Berapa total pensil di dalam kotak?

   a. 5  

   b. 6  

   c. 7  

   d. 8  

   Jawaban: c. 7

5. Nina memiliki 2 gelang, kemudian ibunya memberikan 5 gelang lagi. Berapa total gelang yang dimiliki Nina sekarang?

   a. 5  

   b. 6  

   c. 7  

   d. 8  

   Jawaban: c. 7

6. Tono memiliki 8 buah kelereng. Dia memberikan 3 kelereng kepada Adi. Berapa kelereng yang dimiliki Tono sekarang?

   a. 3  

   b. 4  

   c. 5  

   d. 6  

   Jawaban: c. 5

7. Budi mempunyai 6 buah buku. Dia memberikan 2 buku kepada temannya. Berapa buku yang masih dimiliki Budi?

   a. 2  

   b. 3  

   c. 4  

   d. 5  

   Jawaban: c. 4

8. Rina membeli 9 kelereng. Kemudian, dia memberikan 1 kelereng kepada adiknya. Berapa kelereng yang dimiliki Rina sekarang?

   a. 7  

   b. 8  

   c. 9  

   d. 10  

   Jawaban: b. 8

9. Pak Budi mempunyai 7 bunga di taman. Beberapa bunga layu dan mati, sehingga tinggal 4 bunga. Berapa bunga yang layu dan mati?

   a. 2  

   b. 3  

   c. 4  

   d. 5  

   Jawaban: b. 3

10. Ani memiliki 10 permen. Dia memberikan 2 permen kepada temannya. Berapa permen yang dimiliki Ani sekarang?

    a. 6  

    b. 7  

    c. 8  

    d. 9  

    Jawaban: c. 8

11. Tono memiliki 3 keranjang, dan setiap keranjang berisi 2 buah apel. Berapa total apel yang dimiliki Tono?

    a. 4  

    b. 5  

    c. 6  

    d. 7  

    Jawaban: c. 6

12. Di dalam kotak terdapat 5 kelompok buku, dan setiap kelompok berisi 4 buku. Berapa total buku di dalam kotak?

    a. 12  

    b. 16  

    c. 20  

    d. 24  

    Jawaban: c. 20

13. Budi mempunyai 4 baris dengan masing-masing 3 kelereng. Berapa total kelereng yang dimiliki Budi?

    a. 8  

    b. 10  

    c. 12  

    d. 14  

    Jawaban: c. 12

14. Nina memiliki 2 peti dengan masing-masing 6 permen di dalamnya. Berapa total permen yang dimiliki Nina?

    a. 8  

    b. 10  

    c. 12  

    d. 14  

    Jawaban: c. 12

15. Pak Amir membeli 3 kardus pensil, dan setiap kardus berisi 8 pensil. Berapa total pensil yang dibeli Pak Amir?

    a. 15  

    b. 18  

    c. 21  

    d. 24  

    Jawaban: d. 24

16. Pak Budi memiliki 15 permen. Dia ingin membagi permen tersebut kepada 3 anaknya dengan jumlah yang sama. Berapa permen yang diberikan kepada setiap anak?

    a. 3  

    b. 4  

    c. 5  

    d. 6  

    Jawaban: c. 5

17. Nina memiliki 8 apel. Dia ingin menyusun apel-apel tersebut dalam 2 kotak dengan jumlah yang sama. Berapa apel yang ada di setiap kotak?

    a. 3  

    b. 4  

    c. 5  

    d. 6  

    Jawaban: b. 4

18. Tono mempunyai 12 kelereng. Dia ingin menyusun kelereng-kelereng tersebut dalam 4 baris dengan jumlah yang sama. Berapa kelereng yang ada di setiap baris?

    a. 2  

    b. 3  

    c. 4  

    d. 5  

    Jawaban: b. 3

19. Pak Amir membeli 20 pensil. Dia ingin membagi pensil tersebut kepada 5 anak dengan jumlah yang sama. Berapa pensil yang diberikan kepada setiap anak?

    a. 3  

    b. 4  

    c. 5  

    d. 6  

Jawaban: b. 4

20. Budi memiliki 18 kelereng. Dia ingin menyimpan kelereng-kelereng tersebut ke dalam 6 kantong dengan jumlah yang sama. Berapa kelereng yang akan dimasukkan ke setiap kantong?
    a. 2  
    b. 3  
    c. 4  
    d. 5  
    Jawaban: b. 3

21. Nina memiliki 21 permen. Dia ingin membagi permen tersebut kepada 7 temannya dengan jumlah yang sama. Berapa permen yang akan diberikan kepada setiap teman?
    a. 2  
    b. 3  
    c. 4  
    d. 5  
    Jawaban: b. 3

22. Pak Budi memiliki 16 apel. Dia ingin menyusun apel-apel tersebut dalam 4 kotak dengan jumlah yang sama. Berapa apel yang ada di setiap kotak?
    a. 2  
    b. 3  
    c. 4  
    d. 5  
    Jawaban: c. 4

23. Ani memiliki 15 pensil. Dia ingin membagi pensil-pensil tersebut ke dalam 5 kotak dengan jumlah yang sama. Berapa pensil yang akan dimasukkan ke setiap kotak?
    a. 2  
    b. 3  
    c. 4  
    d. 5  
    Jawaban: b. 3

24. Tono mempunyai 24 kelereng. Dia ingin membagi kelereng-kelereng tersebut kepada 8 temannya dengan jumlah yang sama. Berapa kelereng yang akan diberikan kepada setiap teman?
    a. 2  
    b. 3  
    c. 4  
    d. 5  
    Jawaban: b. 3

25. Pak Amir membeli 30 pensil. Dia ingin menyusun pensil-pensil tersebut dalam 6 kardus dengan jumlah yang sama. Berapa pensil yang akan dimasukkan ke setiap kardus?
    a. 4  
    b. 5  
    c. 6  
    d. 7  
    Jawaban: b. 5

26. Pak Budi mempunyai 13 bunga di taman. Dia menanam 5 bunga lagi. Berapa total bunga yang dimiliki Pak Budi sekarang?
    a. 16  
    b. 17  
    c. 18  
    d. 19  
    Jawaban: c. 18

27. Nina memiliki 25 kelereng. Temannya memberikan 8 kelereng lagi. Berapa kelereng yang dimiliki Nina sekarang?
    a. 14  
    b. 17  
    c. 18  
    d. 19  
    Jawaban: b. 17

28. Pak Amir memiliki 4 tumpukan buku, dan setiap tumpukan berisi 7 buku. Berapa total buku yang dimiliki Pak Amir?
    a. 21  
    b. 24  
    c. 28  
    d. 30  
    Jawaban: c. 28

29. Tono memiliki 36 permen. Dia ingin membagi permen tersebut kepada 6 temannya dengan jumlah yang sama. Berapa permen yang akan diberikan kepada setiap teman?
    a. 4  
    b. 5  
    c. 6  
    d. 7  
    Jawaban: c. 6

30. Budi mempunyai 20 kelereng. Dia memberikan setengah dari kelerengnya kepada Adi dan sisanya kepada Nina. Berapa kelereng yang diterima Adi?
    a. 7  
    b. 8  
    c. 9  
    d. 10  
    Jawaban: d. 10

31. Tina mempunyai 13 kelereng. Kemudian, dia membeli 8 kelereng lagi. Berapa total kelereng yang dimiliki Tina sekarang?
   a. 19  
   b. 20  
   c. 21  
   d. 22  
   Jawaban: c. 21

32. Pak Budi mempunyai 25 buah apel di kebunnya. Beberapa apel dia berikan kepada tetangganya sehingga tinggal 14 apel. Berapa apel yang diberikan Pak Budi kepada tetangganya?
   a. 9  
   b. 10  
   c. 11  
   d. 12  
   Jawaban: b. 11

33. Ani mempunyai 3 keranjang, dan setiap keranjang berisi 9 buah apel. Berapa total apel yang dimiliki Ani?
   a. 24  
   b. 25  
   c. 26  
   d. 27  
   Jawaban: d. 27

34. Pak Amir membeli 28 pensil. Dia ingin membagi pensil tersebut kepada 4 anak dengan jumlah yang sama. Berapa pensil yang akan diberikan kepada setiap anak?
   a. 5  
   b. 6  
   c. 7  
   d. 8  
   Jawaban: c. 7

35. Nina memiliki 40 permen. Dia memberikan setengah dari permen tersebut kepada adiknya dan sepertiganya kepada temannya. Berapa permen yang diberikan Nina kepada temannya?
   a. 10  
   b. 12  
   c. 13  
   d. 14  
   Jawaban: b. 12

Itulah kumpulan 35 soal cerita matematika yang mencakup operasi dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan memecahkan masalah sehari-hari dengan konsep matematika pada anak SD kelas 1. Dengan berlatih mengerjakan soal cerita yang menantang, anak dilatih untuk teliti dan sabar dalam memecahkan masalah matematika terkait operasi hitung tersebut.

Baca Juga

Posting Komentar