... 6 Stratergi Meningkatkan Penjualan di Instagram - moira

6 Stratergi Meningkatkan Penjualan di Instagram

Menjalankan bisnis melalui Instagram memiliki banyak keuntungan. Selain menjangkau audiens yang luas, Instagram juga memudahkan interaksi langsung
6 Stratergi Meningkatkan Penjualan di Instagram

Moira - Menjalankan bisnis melalui Instagram memiliki banyak keuntungan. Selain menjangkau audiens yang luas, Instagram juga memudahkan interaksi langsung dengan followers. Hal ini penting untuk membangun hubungan yang baik dengan calon pembeli.

Tahap Persiapan Toko Online di Instagram 

Sebagai pemula, ada 4 tahapan mendasar yang perlu diperhatikan. 

Pertama, persiapkan akun Instagram khusus bisnis Anda, hindari mencampurkannya dengan akun pribadi. Menjaga identitas terpisah sangat penting untuk menunjukkan profesionalisme dan membangun kepercayaan calon pembeli. 

Fokuskan pada kategori atau produk tertentu agar brand Anda memiliki identitas dan keunikan tersendiri di pasar. 

Kedua, optimalkan nama pengguna (username) Instagram agar mudah diingat. Pilihlah nama simple tanpa banyak pengulangan huruf. 

Ubah akun menjadi akun bisnis agar Anda bisa mengakses fitur penting seperti wawasan (insight), ringkasan (overview), dan penjadwalan postinguntuk mengelola konten secara efisien. 

Ketiga, buatlah video menarik yang disesuaikan dengan toko online Anda. Jelaskan produk atau layanan dengan ringkas namun padat informasi. 

Tingkatkan kualitas video dengan berkolaborasi dengan influencer yang sesuai dengan positioning brand Anda. Mereka bisa bantu tingkatkan visibilitas dan kredibilitas produk.

Keempat, sertakan link di bio Instagram yang mengarah ke marketplace di mana produk Anda dijual. Gunakan tool seperti Milkshake untuk membuat landing page khusus agar pengalaman pengguna lebih mulus. 

Kelima, bangun kesadaran merek (brand awareness) toko online Anda. Fokuskan desain yang menarik termasuk logo, tagline, dan jenis font konsisten di semua postingan. 

Elemen-elemen ini sangat membantu untuk meningkatkan recall value agar pelanggan mudah mengingat dan tertarik kembali ke brand Anda.

Namun, tingginya persaingan di Instagram juga menuntut para pelaku bisnis untuk memiliki strategi jitu agar bisnisnya dapat sukses dan laku terjual. 

Lantas, apa saja strategi jitu meningkatkan penjualan di Instagram? Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Optimasi Akun Profil Bisnis Instagram 

Optimasi Akun Profil Bisnis Instagram

Langkah pertama memulai bisnis di Instagram tentu dengan membuat profil akun Instagram. Untuk keperluan bisnis, pastikan Anda membuatnya dalam format profil bisnis. 

Profil bisnis memiliki berbagai keunggulan dan fitur pendukung bisnis dibanding profil pribadi biasa. Beberapa fitur penting dalam profil bisnis Instagram antara lain:

Insights

Fitur Instagram Insights memungkinkan Anda untuk melihat data statistik penting seputar kinerja konten yang diunggah. 

Misalnya, jumlah followers, jumlah like & komentar, jangkauan (reach), profile visits, website clicks, dan lainnya. 

Dengan memanfaatkan data ini, Anda bisa menganalisis konten mana yang paling efektif dalam meningkatkan traffik dan penjualan bisnis Instagram Anda.

Promosi Produk

Anda dapat memanfaatkan fitur promosi produk di Instagram untuk mengiklankan produk dengan cara yang menarik. Misalnya dengan menambahkan tombol "Contact", pelanggan Anda dapat langsung menghubungi via Direct Message untuk bertanya atau memesan produk.

Mengelola Konten

Profil bisnis memudahkan Anda untuk menjadwalkan konten unggahan di waktu yang tepat. Fitur ini sangat berguna untuk menjaga konsistensi dalam berkomunikasi dengan followers.

Dengan memanfaatkan berbagai fitur tersebut, Anda dapat mengoptimalkan profil bisnis Instagram agar lebih profesional dan efektif dalam meraih perhatian followers. Pastikan juga untuk mengisi bio profil dengan deskripsi produk, kontak dan link situs web bisnis Anda.

2. Upload Konten Berkualitas 

Upload Konten Berkualitas

Setelah profil bisnis Instagram siap, langkah selanjutnya tentu mengunggah konten yang berkualitas. Konten berkualitas sangat penting untuk menarik perhatian followers baru dan membangun brand image positif di mata followers Anda.

Beberapa tips mengunggah konten berkualitas di Instagram:

Foto Produk Profesional

Pastikan menampilkan foto produk Anda dalam kualitas terbaik. Gunakan kamera profesional dengan pencahayaan yang memadai agar produk terlihat menarik. Jika perlu, lakukan edit foto menggunakan aplikasi pengedit foto seperti Snapseed atau Lightroom.

Konten Interaktif   

Selain foto produk, posting juga konten interaktif seperti kuis, giveaway, atau tantangan yang melibatkan followers. Konten ini efektif untuk meningkatkan engagement dan menarik followers baru ke akun Anda.

Video Menarik

Video saat ini menjadi konten paling viral di Instagram. Unggah video singkat yang menarik seputar produk atau kegiatan bisnis Anda. Misalnya video proses produksi, testimoni pelanggan, tutorial penggunaan produk, dan lainnya.

Konsisten dan Rutin

Kunci sukses konten Instagram adalah konsistensi dan kerutinan dalam berposting. Usahakan untuk mengunggah konten minimal 1 kali sehari agar akun Anda tetap aktif. Jadwalkan posting Anda agar jam upload dan topik tertentu.

Dengan konten berkualitas dan menarik, akun bisnis Instagram Anda akan semakin dipercaya dan menarik minat followers serta calon pembeli.

3. Manfaatkan Instagram Ads 

Manfaatkan Instagram Ads

Selain konten organik, memanfaatkan Instagram Ads juga sangat penting untuk meningkatkan jangkauan agar konten bisnis Anda dilihat lebih banyak orang. 

Beberapa objective popular untuk optimasi penjualan antara lain:

  • Traffic: mengarahkan pengunjung ke website atau online shop Anda
  • Engagement: meningkatkan followers dan interaksi dengan konten 
  • Conversions: fokus menghasilkan lead dan penjualan
  • Catalog Sales: mengekspos dan menjual produk lewat Instagram Shop. 

Lantas apa saja keuntungan utama memanfaatkan Instagram Ads:

Target Audiens Spesifik

Melalui Instagram Ads, Anda bisa menargetkan audiens tertentu berdasarkan lokasi, umur, gender, minat dan perilaku pengguna Instagram. Dengan demikian, iklan Anda akan lebih efektif karena ditampilkan ke calon pembeli yang paling berpotensi.

Biaya Terjangkau

Jika dibandingkan platform iklan lainnya, biaya beriklan di Instagram tergolong sangat terjangkau. Dengan anggaran kecil, Anda sudah bisa mendapatkan ratusan atau ribuan impressions. Instagram menawarkan model pengiklanan "Bayar per Klik" atau "Bayar per View".

Performa Tinggi

Banyak statistik menunjukkan bahwa Instagram Ads memiliki tingkat klik dan konversi yang tinggi dibanding platform lainnya. Artinya peluang iklan Anda diklik dan berujung pembelian produk lebih besar di Instagram.

Jadi jangan ragu untuk memasang iklan bisnis Instagram jika memang ingin peningkatan traffik dan konversi penjualan. Alokasikan sedikit anggaran untuk beriklan, hasilnya pasti akan sangat signifikan.

4. Tingkatkan Engagement dengan Followers   

Tingkatkan Engagement dengan Followers

Penting bagi bisnis Instagram untuk senantiasa bertukar pesan dan berinteraksi dengan para followers. Hal ini yang disebut sebagai engagement.

Tingginya engagement akan membuat followers semakin tertarik dan percaya pada produk yang Anda tawarkan. Beberapa cara efektif tingkatkan engagement dengan followers di Instagram:

Balas Komentar Followers

Pastikan untuk membalas semua komentar dan pertanyaan followers di kolom komentar postingan maupun Direct Message Instagram Anda. Followers akan merasa dihargai dan semakin tertarik pada brand Anda.  

Sering Ajak Followers Berdiskusi

Ajak followers berdiskusi dengan melemparkan pertanyaan di caption postingan atau Instastory Anda. Misalnya dengan bertanya produk mana yang mereka sukai atau meminta saran produk yang perlu Anda kembangkan.

Share User Generated Content

Repost foto atau video followers Anda yang mempromosikan produk Anda dan berikan kreditnya. Hal ini akan membuat followers merasa dihargai dan terdorong untuk semakin rajin mempromosikan produk Anda.

Dengan engagement yang tinggi dengan followers, bisnis Instagram Anda akan semakin diminati karena dianggap memiliki hubungan yang kuat dengan konsumen.

5. Kerjasama dengan Influencer

Cara lain yang sangat ampuh untuk mempromosikan bisnis Instagram adalah lewat influencer atau selebgram. 

Influencer merupakan individu dengan pengikut besar di Instagram. Mereka biasanya adalah publik figur, artis, atau bahkan blogger dan YouTuber populer. 

Beberapa manfaat utama kolaborasi dengan influencer:

Akses Audiens Besar  

Melalui satu postingan saja, influencer mampu menjangkau ratusan ribu bahkan jutaan followersnya. Produk Anda pun akan ter-expose di hadapan banyak orang.

Meningkatkan Kredibilitas   

Endorsement dari figur yang diidolakan penggemarnya tentu akan semakin meningkatkan kredibilitas produk di mata calon pembeli. Mereka akan merasa produk Anda layak dibeli karena direkomendasikan idolanya.  

Relatif Terjangkau

Biaya bekerjasama dengan influencer populer pun sebenarnya relatif terjangkau, apalagi jika dibandingkan dengan menggelontorkan dana besar untuk program marketing konvensional. Cocok untuk startup dan bisnis kecil yang ingin branding produk.

Pilih influencer yang sesuai dengan target pasar Anda agar promosi produknya maksimal. Misalnya beauty influencer jika menjual produk skincare.

6. Manfaatkan Fitur Shoppable di Instagram   

Manfaatkan Fitur Shoppable di Instagram

Sejak 2018 lalu, Instagram secara resmi telah meluncurkan fitur bernama Instagram Shopping. Fitur ini memungkinkan bisnis untuk menjadikan akunnya sebagai etalase online lengkap untuk memasarkan produknya.  

Beberapa keunggulan utama fitur belanja Instagram (Instagram Shopping) ini antara lain:

Produk Tersusun Rapi  

Instagram Shopping memungkinkan bisnis untuk menampilkan katalog produknya dalam satu halaman khusus yang dinamai “Collections”. Followers bisa melihat dengan jelas semua produk yang dijual beserta detail spesifikasi dan harganya.  

Checkout Langsung

Jika berminat pada salah satu produk, pembeli bisa langsung check-out dan membayar tanpa perlu beralih ke situs web eksternal atau chat penjualnya. Semua transaksi dilakukan di dalam platform Instagram itu sendiri. 

Promosi Targeted  

Penjual dapat secara spesifik mempromosikan produk tertentu lewat berbagai saluran iklan di Instagram.  

Fitur ini semakin menegaskan bahwa Instagram kini tak lagi sekedar platform berbagi foto biasa. Namun ia telah bertransformasi menjadi solusi digital marketing dan penjualan online terintegrasi bagi banyak bisnis.

Bangun Brand Awareness Jangka Panjang

Bangun Brand Awareness Jangka Panjang

Seringkali brand baru terlalu terburu-buru berharap instan mendapatkan banyak pengikut dan penjualan. Namun, membangun presensi online dan brand awareness membutuhkan strategi jangka panjang yang konsisten dan bertahap. 

Ada beberapa tips praktis yang bisa Anda terapkan untuk brand awareness jangka panjang di Instagram:

  • Konten upload rutin konsisten setiap hari
  • Aktif berinteraksi & membalas komentar followers
  • Kolaborasi dan co-branding dengan brand sejenis
  • Routine update informasi di Stories  
  • Konsistensi tagline, logo dan styling feed

Dengan cara ini, secara organik nama brand Anda akan makin sering muncul di berbagai platform. Lama-kelamaan, audiens akan semakin mengenali dan mengingat brand Anda saat mencari produk serupa. Itu artinya brand awareness Anda semakin kuat di pasar!

Kesimpulan

Itulah 6 strategi ampuh yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan produk di Instagram . Dengan konten yang menarik, promosi rutin, hingga bekerjasama dengan influencer, bukan tidak mungkin bisnis Anda akan segera melesat. 

Tetap semangat dan pantang menyerah. Kunci sukses berjualan di Instagram membutuhkan proses yang bertahap. Jangan berhenti belajar dan terus bereksperimen dengan strategi-strategi baru setiap harinya demi peningkatan performa bisnis Instagram Anda.

Baca Juga

Posting Komentar