... 8 Tips Bermain Game Words With Friends di Facebook untuk Pemula - moira

8 Tips Bermain Game Words With Friends di Facebook untuk Pemula

8 tips bermain Words With Friends untuk pemula dalam artikel ini, kemampuan bermain puzzle kata Anda pasti akan meningkat pesat.
8 Tips Bermain Game Words With Friends di Facebook untuk Pemula

Moira - Words With Friends adalah salah satu permainan teka-teki kata terpopuler di Facebook. Permainan ini cukup mirip dengan permainan papan skor kata Scrabble, di mana pemain harus menyusun kata-kata dengan huruf-huruf acak yang diberikan untuk mendapatkan poin.

Permainan ini cukup menantang karena pemain harus memiliki kosakata yang luas agar bisa menyusun kata-kata panjang untuk skor tinggi, sekaligus jeli melihat peluang di papan permainan. Apalagi jika berhadapan dengan pemain yang sudah berpengalaman, tentu akan semakin sulit memenangkan permainan.

Bagi Anda yang masih pemula dalam bermain Words With Friends di Facebook, jangan khawatir. Berikut ini adalah beberapa tips ampuh yang bisa membantu Anda untuk bermain lebih baik dan meningkatkan peluang menang:

1. Kuasai Aturan Dasar Permainan

Sebelum loncat ke strategi dan tips spesifik, pastikan dulu Anda telah memahami aturan dasar dan cara bermain Words With Friends. Kuasai bentuk papan permainan, cara mendapatkan skor, jenis-jenis kotak bonus, cara mempergunakan kamus, dan aturan-aturan penting lainnya. Hal ini sangat penting agar Anda tidak kebingungan ketika sudah mulai bermain.

Berikut penjelasan singkat aturan dasar Words With Friends:

  • Papan permainan berbentuk persegi panjang 15 x 15 kotak, terdiri dari kotak normal dan kotak bonus.
  • Pemain mendapatkan tujuh buah huruf acak dan bergantian menyusun kata untuk mendapatkan poin.
  • Poin didapat berdasarkan nilai setiap huruf dan panjang kata yang dibentuk, serta kotak tempat meletakkan huruf. 
  • Semakin panjang kata yang dibentuk, semakin tinggi poin yang didapat.
  • Kotak bonus bisa menggandakan atau melipatgandakan poin huruf/kata.

Nah, setelah memahami aturan dasarnya, Anda bisa mulai mempelajari strategi yang lebih detail agar lebih mudah memenangkan permainan.

2. Pastikan Punya Cukup Kosakata Bahasa Inggris

Tips paling mendasar yang wajib dimiliki adalah memiliki kosakata bahasa Inggris yang cukup luas. Semakin banyak kosakata yang Anda kuasai, maka semakin mudah menemukan kombinasi kata yang bagus dari huruf-huruf acak yang diberikan. 

Apalagi dalam Words With Friends, pemain harus bisa membuat kata-kata panjang agar mendapatkan skor tinggi. Makanya, penguasaan kosakata yang luas sangat dibutuhkan. Bandingkan saja jika Anda hanya bisa membentuk kata 3-4 huruf versus kata 8-10 huruf, tentunya skor yang didapat akan sangat berbeda.

Nah, bagaimana cara meningkatkan kosakata bahasa Inggris dengan cepat? Berikut beberapa tipsnya:

  • Baca artikel/buku dalam bahasa Inggris setiap hari, minimal 30 menit. Semakin sering membaca, semakin banyak kosa kata yang Anda dapat.
  • Buat catatan kosa kata baru yang Anda temui ketika membaca. Lalu, pelajari dan hafalkan secara rutin. 
  • Dengarkan lagu/podcast berbahasa Inggris untuk membiasakan indera pendengaran dengan kosa kata.
  • Ikuti kursus bahasa Inggris, baik offline maupun online agar semakin fasih.

Dengan meningkatkan kosakata bahasa Inggris yang Anda kuasai secara rutin, niscaya performa bermain Words With Friends juga akan meningkat.

3. Pahami Jenis-Jenis Kotak Bonus

Salah satu kunci mendapatkan skor tinggi dalam Words With Friends adalah memanfaatkan kotak bonus yang ada di papan permainan. Ada 4 jenis kotak bonus, yaitu:

Double Letter Score

Kotak ini akan menggandakan nilai huruf yang ditempatkan di atasnya. Misalnya, skor huruf E normalnya 1. Jika E ditempatkan di Double Letter Score, maka skornya jadi 2 x 1 = 2.

Triple Letter Score

Sama seperti Double Letter Score, bedanya kotak ini akan melipatgandakan nilai huruf yang ditempatkan di atasnya sebanyak 3 kali lipat. 

Double Word Score

Kotak ini akan menggandakan nilai kata yang terbentuk dari huruf yang melewatinya. Semua huruf kata tersebut nilainya akan digandakan.

Triple Word Score 

Sama seperti Double Word Score, kotak ini akan melipatgandakan nilai seluruh kata yang melewatinya sebanyak 3 kali lipat.

Nah, berbekal paham akan keempat jenis kotak bonus tersebut, Anda bisa menempatkan huruf-huruf dengan strategi yang tepat untuk mendulang poin tinggi. 

Misalnya, kata 10 huruf yang melewati Triple Word Score sudah pasti akan memberikan poin yang sangat fantastis.

4. Perhatikan Nilai Setiap Huruf

Selain memanfaatkan kotak bonus, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah nilai setiap huruf itu sendiri. Dalam Words With Friends, setiap huruf memiliki nilai berbeda-beda yang mempengaruhi perolehan poin.

Berikut daftar lengkap nilai setiap huruf:

  • A = 1 poin
  • B = 3 poin 
  • C = 3 poin
  • D = 2 poin
  • E = 1 poin 
  • F = 4 poin
  • G = 2 poin
  • H = 4 poin
  • I = 1 poin
  • J = 8 poin
  • K = 5 poin
  • L = 1 poin
  • M = 3 poin
  • N = 1 poin
  • O = 1 poin  
  • P = 3 poin
  • Q = 10 poin
  • R = 1 poin
  • S = 1 poin
  • T = 1 poin
  • U = 1 poin
  • V = 4 poin
  • W = 4 poin
  • X = 8 poin 
  • Y = 4 poin
  • Z = 10 poin

Perhatikan bahwa huruf vokal (A, E, I, O, U) memiliki nilai 1 poin, sangat minim. Sementara konsonan seperti J, X, Z bernilai 8-10 poin. 

Maka, usahakan untuk memanfaatkan huruf konsonan terutama yang bernilai tinggi untuk diletakkan di kotak bonus agar mendulang poin besar. Sedangkan huruf vokal sebisanya ditempatkan di kotak normal saja.

5. Susun Kata Sesulit Mungkin

Salah satu trik ampuh agar lawan kesulitan menebak kata yang Anda susun adalah dengan membuat kata yang sulit dan jarang digunakan dalam bahasa sehari-hari. 

Daripada kata mudah macam “run” atau “eat”, tentu lebih baik menyusun kata jarang seperti “boxy”, “fave”, atau “qi”. Dengan begitu, kemungkinan lawan untuk menebak kata Anda bisa diminimalisir.

Cara termudah mendapatkan inspirasi kata jarang adalah dengan menggunakan kamus online atau aplikasi pembantu Words With Friends. Cukup ketik beberapa huruf acak yang ada, lalu akan ditampilkan kombinasi kata-kata langka yang memungkinkan. 

Gunakan fitur ini sebaik mungkin untuk membuat lawan berpikir keras menebak kata Anda!

6. Blokir Kata Lawan yang Berbahaya

Selain fokus membuat kata sendiri, penting juga untuk bisa “membaca” kata apa yang hendak dibentuk lawan berikutnya. Analogikan papan Words With Friends seperti “catur kata”, di mana Anda harus bisa memprediksi strategi lawan selanjutnya. 

Cara paling efektif adalah dengan sengaja memblokir kata panjang yang berpeluang dibentuk lawan. Misalnya jika dengan menambahkan satu huruf lagi lawan bisa membentuk kata 10 huruf, cepat-cepat hancurkan rencana tersebut. 

Caranya adalah dengan menyusun kata yang memanfaatkan huruf penghubung tersebut, meskipun kata Anda sendiri tidak terlalu panjang atau berpeluang tinggi. Yang penting jangan biarkan lawan menyusun kata monster.

7. Perbanyak Penguasaan Awalan dan Akhiran

Teknik lain untuk membuat aneka kata panjang adalah dengan menguasai awalan (prefix) dan akhiran (suffix) dalam bahasa Inggris. Dengan menambahkan awalan/akhiran pada kata dasar, Anda bisa “memanjang-manjangkan” kata sehingga mendapatkan poin lebih banyak.

Contoh paling sederhana adalah menambahkan “ed” di kata kerja bahasa Inggris untuk menunjukkan bentuk lampau. Kata “play” ditambah “ed” jadi “played”. Kata “walk” menjadi “walked”. Begitu seterusnya.

Nah, awalan dan akhiran yang perlu Anda kuasai di antaranya:

  • Awalan: dis-, ex-, fore-, inter-, mid-, mis-, over-, pre-, re-, sub-, trans-, under-
  • Akhiran: -able/-ible, -al, -ed, -en, -er, -est, -ful, -ish, -less, -ly, -ment, -ness, -ous, -sion/-tion, -ity, -ty

Semakin banyak penguasaan affix (istilah awalan/akhiran), semakin mudah melipatgandakan kata. Jadi, pelajari terus daftar awalan dan akhiran bahasa Inggris agar semakin lihai bermain Words With Friends!

8. Gunakan Fitur Rematch dan Pass

Selain tips dan trik permainan di atas, ada dua hal mendasar yang sering dilupakan pemula ketika bermain Words With Friends:

Rematch

Ketika bermain melawan lawan yang sepadan kemampuannya dengan Anda, biasanya permainan akan sangat ketat dan menghasilkan perbedaan skor tipis. 

Nah, fitur Rematch berfungsi untuk mengajak lawan main lagi (best of 3) secara instan tanpa harus menunggu giliran matchmaking sistem. Dengan rematch, Anda bisa lebih lama “berduel” melawan lawan yang seimbang tersebut.

Pass

Ketika sudah kehabisan ide menyusun kata dari huruf-huruf acak yang tersedia, jangan sungkan untuk menggunakan fitur Pass. Fitur ini akan langsung mengganti huruf-huruf di tangan pemain dengan yang baru secara acak.

Pass adalah jalan pintas agar Anda bisa lebih cepat mendapatkan huruf-huruf yang diinginkan, ketimbang bersikeras menyusun kata dari tangan huruf yang tidak menguntungkan.

Nah, dengan menggunakan dua fitur tambahan di atas, tentu pengalaman bermain Words With Friends Anda akan semakin seru. Good luck!

Penutup

Itulah beberapa kumpulan tips ampuh bermain game Words With Friends bagi pemula agar lebih mudah memenangkan permainan. Mulai dari penguasaan aturan dasar, penguasaan kosakata, pemanfaatan kotak bonus, hingga trik jitu seperti blokir kata lawan dan gunakan kata-kata langka.

Jangan ragu untuk selalu berlatih agar semakin mahir. Kombinasikan dengan teknik-teknik canggih semacam anagram atau pattern recognition juga bisa membuat kemampuan bermain Words With Friends Anda level tinggi!

Baca Juga

Posting Komentar