... Optimalisasi Postingan di Marketplace Facebook Agar Laris Manis - moira

Optimalisasi Postingan di Marketplace Facebook Agar Laris Manis

Ingin postingan di Facebook marketplace laris terjual? Simak berbagai cara ampuh mengoptimalkan postingan agar lebih menarik pembeli. Mulai dari tips

 

Optimalisasi Postingan di Marketplace Facebook Agar Laris Manis

moira - Facebook Marketplace adalah fitur jual beli digital yang disediakan Facebook. Di sini, pengguna dapat menjual dan membeli berbagai produk secara online, mulai dari produk baru hingga bekas pakai. 

Saat ini, jumlah pengguna aktif Facebook Marketplace terus meningkat. Hal ini menjadikan Facebook Marketplace sebagai ladang bisnis digital yang menjanjikan. Namun, kompetisi di marketplace juga semakin ketat. Oleh karena itu, diperlukan strategi khusus agar postingan Anda bisa lebih dilihat dan produk yang ditawarkan laris manis.

Pada artikel ini, kami akan bahas beberapa strategi optimalisasi postingan di Facebook Marketplace agar produk Anda laris terjual. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Gunakan Foto Produk Berkualitas

Foto produk yang berkualitas tinggi dan menarik sangat penting untuk menarik minat pembeli. Pastikan untuk mengambil foto produk dari berbagai angle dengan pencahayaan yang cukup dan latar belakang yang sesuai. 

Usahakan jumlah foto yang diunggah minimal 4 foto, dan 1 foto dijadikan sebagai foto utama atau foto sampul. Foto utama inilah yang akan dilihat pertama kali oleh pembeli ketika mereka menemukan postingan Anda.

Jika memungkinkan, unggah foto produk yang diambil oleh kamera DSLR untuk kualitas foto yang lebih sharp dan jernih. Selain itu, jika produk yang dijual pakaian, pastikan pakaian tampak rapi dan menarik saat difoto.

Dengan foto produk berkualitas tinggi, postingan Anda akan terlihat lebih profesional dan menarik minat calon pembeli untuk melihat detail produk lebih lanjut.

2. Tulis Deskripsi Produk yang Menarik

Jangan lupa untuk menulis deskripsi produk yang memikat dan informatif. Deskripsi produk yang baik dan lengkap bisa mendorong calon pembeli untuk segera membeli barang yang Anda jual.

Pada bagian deskripsi, cantumkan informasi penting seputar produk seperti:

  • Kondisi barang (baru/bekas)
  • Merek dan model produk (jika ada)
  • Spesifikasi (ukuran, warna, berat, kapasitas, dsb) 
  • Harga produk
  • Metode pengiriman yang tersedia
  • Cara pembayaran 
  • Jaminan dan garansi (jika ada)

Selain informasi produk, deskripsi yang baik juga mampu membangkitkan ketertarikan pembeli secara emosional. Misalnya dengan menyebutkan kelebihan produk, kisah di balik produk, testimoni pembeli sebelumnya, dan lain sebagainya. 

Narasi deskripsi yang menarik akan membuat pembeli semakin tertarik untuk membeli produk Anda ketimbang produk pesaing dengan spesifikasi serupa.

3. Judul, Deskripsi & Hashtag

Penerapan SEO yang optimal pada postingan Facebook Marketplace juga penting dilakukan agar postingan bisa muncul di halaman hasil pencarian. 

Pastikan judul postingan Anda padat, jelas dan langsung menunjukkan produk apa yang dijual. Misalnya “Gaun Pesta Merah Marun Ukuran L” lebih disukai mesin pencari ketimbang “Gaun Import Cantik”. 

Selain itu, selipkan kata kunci populer yang relevan pada judul, deskripsi, bahkan hashtag. Namun pastikan penyelipan kata kunci tersebut masih alami dan tidak terkesan dipaksakan.

4. Jadwalkan Postingan 

Ketahui kapan waktu aktif pengguna Facebook Marketplace berkumpul dan jadwalkan postingan produk di waktu-waktu tersebut. 

Waktu terbaik untuk posting baru di Facebook Marketplace biasanya antara pukul 17:00-22:00 pada pagi dan sore hari, serta akhir pekan. Karena di waktu tersebut, calon pembeli paling aktif mengecek dan browsing produk di Facebook.  

Selain itu, hindari membuat postingan baru saat tengah malam. Karena ternyata postingan yang dibuat saat larut malam tidak akan tampil di halaman beranda pengguna lain keesokan harinya.

5. Tingkatkan Jangkauan dengan Layanan Iklan

Fitur promosi iklan di Facebook Marketplace bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan jangkauan dan visibilitas postingan agar dilihat lebih banyak orang. 

Anda bisa menetapkan anggaran iklan dan target lokasi serta demografi spesifik yang ingin dituju. Misalnya, hanya menargetkan wanita usia 20-30 tahun yang tinggal di Jabodetabek saja.

Facebook juga menyediakan berbagai opsi tipe iklan marketplace yang dapat disesuaikan dengan tujuan kampanye Anda.

6. Kemas Produk dengan Menarik 

Saat mengirimkan produk ke pembeli, usahakan produk dibungkus dan dikemas dengan apik agar memberikan unboxing experience yang menyenangkan. 

Hal ini akan memberikan kesan positif terhadap merk dan toko Anda. Pembeli yang puas kemudian cenderung memberikan testimoni positif atau ulasan bagus yang bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli lain.

Beberapa ide kreatif pembungkus produk misalnya dengan kertas kado cantik, tambahan pita atau makanan ringan, produk sampel dan lainnya. Ide kemasan yang eye catching tentu akan semakin memorable di benak pelanggan.

7. Berikan Layanan Purna Jual Terbaik

Lakukan follow up dengan menanyakan kepada pembeli apakah produk sudah diterima dengan baik dan memastikan bahwa pembeli merasa puas dengan pembelian produk Anda. 

Selain itu, informasikan juga kepada pelanggan bahwa Anda bersedia membantu menjawab pertanyaan dan menangani keluhan jika ada kendala dengan produk. 

Dengan customer service yang responsif dan solutif pasca pembelian, citra positif bisnis Anda akan meningkat di mata pelanggan. Kepercayaan pelanggan terjaga sehingga kemungkinan untuk repeat order dan memberikan rekomendasi kepada teman-teman mereka juga lebih besar.

Kesimpulan

Nah, itulah sejumlah strategi yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan marketplace Facebook agar postingan Anda lebih efektif menarik pembeli dan produk yang ditawarkan menjadi laris manis.

Pastikan foto produk berkualitas bagus, deskripsi yang Anda buat sudah menarik dan lengkap informasinya, lakukan optimasi SEO pada konten postingan, pilihkan waktu posting yang tepat, jangkau lebih banyak calon pembeli dengan iklan Facebook Ads, kemas produk secara menarik, dan berikan layanan purna jual terbaik.

Dengan menerapkan strategi-strategi di atas dengan konsisten dan benar, bukan tidak mungkin omzet penjualan produk Anda di Facebook Marketplace bisa meningkat drastis dalam waktu singkat. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan sukses untuk bisnis online Anda!

Baca Juga

Posting Komentar