... 9 Tips Agar Cepat Diterima Monetisasi Facebook - moira

9 Tips Agar Cepat Diterima Monetisasi Facebook

Program monetisasi Facebook memberi kesempatan bagi admin dan content creator untuk mendapat penghasilan dari konten yang diunggah.
9 Tips Agar Cepat Diterima Monetisasi Facebook

Moira - Program monetisasi Facebook kini terbuka lebar bagi para content creator dan admin akun media sosial. Dengan bergabung dalam program ini, video dan konten yang diposting bisa mendatangkan penghasilan tambahan dari hasil iklan. 

Seberapa cepat akun bisa diterima untuk monetisasi tentunya jadi pertanyaan para calon peserta. Nah, berikut ini 9 tips terbukti jitu agar akun lebih cepat diterima monetisasi Facebook!

1. Pahami Syarat dan Ketentuan Monetisasi Facebook 

Facebook memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh akun agar bisa mendaftar dan diterima untuk program monetisasi. Beberapa syarat utama adalah akun harus asli dengan identitas yang valid, memiliki pengikut minimal 5.000, dan konten yang dipublikasikan sesuai dengan standar komunitas Facebook. Memahami dengan baik syarat dan ketentuan ini sangat penting agar pendaftaran monetisasi berjalan lancar.

2. Siapkan Konten Berkualitas Tinggi

Salah satu faktor utama yang dinilai Facebook adalah kualitas konten yang dipublikasikan. Konten harus original, informatif, dan menghibur agar bisa menarik lebih banyak pengikut dan engagement. Semakin berkualitas konten, semakin cepat pula akun bisa memenuhi syarat jumlah pengikut untuk monetisasi. Upload konten secara rutin minimal 3 kali seminggu juga penting untuk pertumbuhan akun.

3. Perbanyak Engagement 

Engagement seperti komentar, like, dan share juga menjadi faktor penting yang dinilai Facebook. Tingkat engagement yang tinggi menunjukkan konten yang dibuat relevan dan disukai followers. Cara mendapatkan engagement tinggi adalah optimasi judul dan kata kunci yang menarik, meminta feedback dari followers, dan menggunakan fitur interaktif seperti quiz dan polling di Facebook.

4. Bentuk Tim Kreatif Konten

Membuat konten media sosial yang bagus dan konsisten bukan pekerjaan mudah. Salah satu tips agar akun cepat berkembang adalah dengan membentuk tim kreatif konten. Mulai dari copywriter, content creator, editor video dan gambar, sampai peneliti topik artikel. Dengan bekerja sama dalam tim, kualitas dan kuantitas konten yang diproduksi akan meningkat pesat.  

5. Cari Niche yang Sesuai Minat Followers

Pahami dengan baik niche dan topik konten apa yang paling disukai para followers akun. Bisa dilakukan survei atau melihat data Facebook Analytic untuk mengetahui topik-topik viral dan favorit. Dengan membuat konten di niche yang tepat, tingkat keterlibatan dan minat followers akan sangat baik, membantu akun lebih cepat berkembang.

6. Lakukan Kolaborasi dengan Akun Lain

Kolaborasi konten dengan influencer, komunitas, atau akun media sosial lain yang memiliki niche serupa juga efektif untuk mempercepat pertumbuhan. Followers dari akun-akun tersebut berpotensi tinggi menjadi followers baru dan engagement baru bagi akun kita. Kolaborasi bisa dalam bentuk konten youtube bersama, live streaming bertukar akun, dan lainnya. 

7.  Promosikan secara Rutin di Platform Lain

Promosi melalui platform lain seperti Instagram, Youtube, dan media-media pendukung lain sangat penting agar akun Facebook juga cepat dikenal. Misalnya dengan menyertakan link Facebook di setiap konten Instagram atau YouTube yang diposting. Promosi yang konsisten dan menarik di platform lain, akan mendatangkan followers dan engagement baru untuk Facebook.

8. Kuasai Data Analitik Facebook

Facebook menyediakan data analitik yang sangat lengkap untuk membantu akun media sosial memahami performa mereka. Mulai dari demografi followers, waktu dan jenis konten yang paling efektif, hingga tingkat engagement yang dihasilkan. Semakin paham dan mahir menganalisis data ini, konten yang dibuat akan makin optimal dan tepat sasaran bagi followers.

9. Tingkatkan Nilai Akun secara Bertahap

Pertumbuhan followers dan engagement tidak akan terjadi secara instan, tapi melalui proses bertahap dan konsisten dalam jangka panjang. Tingkatkan nilai akun secara organik dan memberikan value lebih ke followers, agar terbentuk hubungan dan kepercayaan dengan pengikut. Dengan begitu, monetisasi Facebook sudah bisa diraih dalam 3 bulan hingga 6 bulan pertama.

Kesimpulan

Itulah 10 langkah penting yang bisa dilakukan agar akun Facebook lebih cepat diterima monetisasi dan mendapatkan penghasilan dari konten yang dipublikasikan.  Pastikan untuk fokus pada kualitas konten dan tingkatkan engagement dengan followers secara konsisten. 

Dengan upaya maksimal dan sedikit kesabaran, dalam waktu 3-6 bulan akun Anda sudah berpeluang besar lolos seleksi ketat Facebook dan siap mendapatkan cuan tambahan dari hobi membuat konten!

Baca Juga

Posting Komentar