... Cara Mengaktifkan Fitur Bintang di Facebook - moira

Cara Mengaktifkan Fitur Bintang di Facebook

Fitur Bintang Facebook memudahkan pengguna menyimpan postingan favorit. Pelajari cara mengaktifkan dan gunakan fitur ini untuk menandai postingan
Cara Mengaktifkan Fitur Bintang di Facebook


Moira - Fitur Bintang di Facebook memungkinkan pengguna untuk menandai postingan tertentu dari teman atau Halaman yang ingin mereka simpan atau rujuk kembali dengan mengklik ikon bintang di samping postingan. 

Dengan menandai postingan menggunakan Bintang, postingan tersebut akan disimpan di bagian terpisah yang disebut dengan Postingan Terbintang. Anda dapat mengakses kembali postingan-postingan ini dengan mengklik menu Bintang di bagian shortcut di sisi kiri Halaman Beranda Facebook Anda.

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Fitur Bintang di Facebook

Berikut ini adalah cara mengaktifkan dan menggunakan fitur Bintang di Facebook:

1. Periksa Ketersediaan Fitur Bintang

Periksa Ketersediaan Fitur Bintang


Pertama, periksa apakah fitur Bintang sudah tersedia untuk akun Facebook Anda. Fitur ini diluncurkan pertama kali di Irlandia pada Desember 2020 dan kemudian dirilis secara bertahap ke negara dan bahasa yang berbeda. 

Jika fitur ini belum tersedia bagi Anda, Anda perlu menunggu sampai Facebook merilisnya untuk akun Anda. Anda akan melihat pemberitahuan di Facebook jika fitur ini sudah bisa digunakan.

2. Beri Tanda Bintang pada Postingan  

Beri Tanda Bintang pada Postingan


Cara termudah untuk menandai sebuah postingan di Facebook adalah dengan mengklik ikon Bintang yang terletak di samping tanggal postingan, di sebelah ikon Jempol.

Ikon ini akan berubah warna menjadi biru terang/kuning saat Anda mengkliknya. Ini menandakan postingan tersebut sudah ditandai bintang.

3. Lihat Postingan Terbintang 

Lihat Postingan Terbintang


Setelah Anda memberi bintang pada beberapa postingan, buka menu Bintang yang terletak di kolom sebelah kiri Halaman Beranda Anda bersama menu shortcut lainnya. Anda kini bisa melihat semua postingan yang sudah Anda beri bintang di tempat ini dan mengaksesnya kapan saja.

Anda juga bisa menghapus bintang dari postingan dengan mengklik lagi ikon Bintang di postingan tersebut.

Demikian cara mudah untuk menggunakan Fitur Bintang di Facebook. Nikmati fitur ini untuk menyimpan dan mengakses kembali postingan Facebook favorit Anda dengan lebih efisien.

 Fitur Lain Terkait Postingan Terbintang

Selain kemampuan menyimpan dan mengakses postingan penting dengan Postingan Terbintang, Facebook juga menawarkan beberapa fitur terkait lainnya, di antaranya:

1. Pemberitahuan Postingan Terbintang

Anda bisa mengaktifkan pemberitahuan untuk postingan yang telah Anda beri tanda bintang. Sehingga, ketika ada komentar baru pada postingan tersebut, Anda akan diberi tahu lewat notifikasi.

Cara mengaktifkannya adalah dengan mengklik ikon tiga titik pada postingan lalu pilih "Hidupkan Pemberitahuan".

2. Menyematkan Postingan Terbintang

Facebook juga memungkinkan Anda untuk menyematkan postingan yang disukai ke profil Anda agar bisa ditampilkan di bagian tertentu seperti foto sampul atau foto profil. 

Anda bisa melakukannya dengan mengklik ikon tiga titik pada postingan lalu pilih "Sematkan ke Profil". Anda kemudian bisa memilih lokasi untuk menyematkannya.

3. Menambahkan Emoji Reaksi

Sama seperti postingan Facebook lainnya, Anda juga dapat bereaksi dan berkomentar pada postingan terbintang. Jadi Anda bisa tetap terlibat dalam diskusi meskipun sudah lama sejak postingan aslinya dibuat.

Kelebihan dan Kekurangan Fitur Bintang Facebook

Seperti fitur lainnya, fitur Bintang Facebook juga punya kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Kelebihan:

  • Memudahkan pengguna menandai dan menyimpan postingan penting
  • Postingan tersimpan rapi dan terorganisir dengan baik
  • Bisa diakses kapanpun dengan cepat lewat menu Bintang
  • Bisa tetap ikut berdiskusi pada postingan lama 

Kekurangan:

  • Fitur baru jadi belum tersedia bagi semua pengguna dan bahasa Facebook
  • Hanya bisa menyimpan postingan dari profil pribadi, bukan Iklan atau postingan Halaman
  • Tidak bisa membuat kategori khusus di dalam menu Bintang
  • Menu Bintang kurang begitu menonjol dalam UI Facebook

Penutup

Itulah penjelasan lengkap seputar fitur Bintang di Facebook beserta cara mengaktifkan dan menggunakannya dengan mudah. Fitur Bintang sangat berguna untuk menyimpan dan mengorganisir postingan menarik agar bisa dengan cepat diakses kembali nantinya.

Meskipun fitur ini terbilang baru, diharapkan ke depannya Facebook bisa meningkatkan fitur Bintang agar memberi nilai lebih bagi para penggunanya. Misalnya dengan menambahkan kemampuan membuat kategori khusus di Postingan Terbintang.

Itu saja tutorial singkat dari kami tentang fitur Bintang Facebook. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan mempermudah Anda dalam menggunakan Facebook sehari-hari.

Baca Juga

Posting Komentar